top of page
Search
  • Writer's pictureAdmin MustikaRatu

Atasi Sulit Tidur dengan tips dibawah ini!

Updated: Aug 6, 2020

Apa kamu sulit berkonsentrasi di lingkungan kerja? Atau mudah melupakan hal-hal penting? Pastinya hal-hal ini menggangu rutinitas kita, ya. Bisa jadi, kamu kurang tidur! Yuk simak tips berikut untuk atasi sulit tidur kamu!



Tidur tentunya merupakan salah satu bagian penting dari keseharian kita.


Tidur yang baik tidak hanya memberikan tubuh kita kesempatan untuk beristirahat dan melepas stress, tetapi juga dapat membantu memproses dan menyimpan informasi yang kamu dapatkan di siang hari.


Sayangnya, banyak dari kita mengalami kesulitan untuk tidur. Mulai dari konsumsi minuman berkafein, diet makanan yang tidak sehat (makanan tinggi lemak dan tinggi kalori), aktivitas fisik sebelum tidur dan juga kondisi pikiran, hal- hal ini dapat mempengaruhi kualitas tidur kita.



Nah, simak tips-tips berikut untuk bantu sulit tidur kamu!


1. Buat jadwal tidur yang cukup

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan rutinitas dan jadwal tidur kamu. Coba untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya. Hal ini dapat membantu meregulasi jam biologis dalam tubuh hingga lebih mudah untuk kamu untuk tidur. Orang dewasa membutuhkan 7-9 jam waktu tidur.

Menambahkan rutinitas yang dapat merelaksasi tubuh seperti mandi air hangat sebelum tidur atau mendengarkan musik tenang juga dapat membantu tubuh untuk mempersiapkan waktu untuk tidur.


2. Kurangi konsumsi alkohol, rokok dan makanan berat di sore hari

Mengkonsumsi alkohol mendekati waktu tidur dapat mengurangi kualitas tidur kita. Beberapa diantarnya adalah membuat kita cepat terbangun, menggangu proses REM saat tidur, menggangu pernafasaan, dan membuat kita lebih sering ke toilet.

Kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok juga dapat mempengaruhi tidur kita. Nikotin adalah senyawa stimulan yang akan meningkatkan kewaspadaan dan membuat tubuh kita sulit untuk beristirahat.

Yang terakhir, sisakan waktu 2 sampai 3 jam sebelum tidur untuk tubuh memproses makanan yang dicerna. Hal ini dapat menyebabkan gangguan percenaan dan dapat menggangu ketenangan tidur.


3. Kurangi waktu bermain gadget

Bermain handphone sebelum tidur terlihat seperti aktifitas yang tidak mengganggu. Bahkan banyak dari kita yang menjadikan hal tersebut kebiasaan. Namun, penggunaan gadge (handphone, TV) dapat menggangu kualitas tidur.

Cahaya biru yang dipancarkan oleh alat elektronik seperti handphone dan Telivisi dapat mengurangi produksi melatonin, senyawa yang dapat membantu kita untuk tertidur. Disaranakan untuk menyisihkan waktu 30 menit sebelum tidur tanpa gadget untuk kualitas tidur yang lebih baik.


4. Praktikan metode 4-7-8


Metode 4-7-8 merupakan metode yang dapat membantu meregulasi pernafasan dan memberikan asupan oksigen lebih untuk organ-organ tubuh. Metode ini dapat membantu tubuh untuk lebih rileks, sehingga baik untuk orang yang sedang mengalami kecemasan atau mempercepat waktu tidur.

Tahapan untuk metode 4-7-8 adalah:

  1. Pastikan tubuh dalam keadaan paling rileks.

  2. Biarkan mulut kamu terbuka sedikit. Buat suara mendesing dan hembuskan nafas sepenuhnya melalui mulut kamu

  3. Kemudian tutup mulut kamu dan tarik nafas melalui hidung selama 4 detik

  4. Tahan nafas kamu selama 7 detik

  5. Dan kemudian buat suara mendesing dan hembuskan nafas melalui mulut selama 8 detik

Lakukan tahapan ini beberapa kali sampai tubuh terasa rileks




Selain tips-tips diatas, kamu juga bisa mengkonsumsi Mustika Ratu SleepWell Tea untuk bantu meringankan gangguan sulit tidur.

Dengan bahan alami seperti biji pala yang dapat meningkatkan jumlah serotonin dalam otak, mengkonsumsi Teh SleepWell dapat membantu merilekskan tubuh dan membantu proses tidur. Cukup celupkan 1 kantong sleepwell tea ke dalam air hangat dan konsumsi ½ - 1jam sebelum tidur sesuai kebutuhan.


Sources:

24 views0 comments
bottom of page