top of page
Search
  • Writer's pictureAdmin MustikaRatu

Tidak perlu khawatir kolesterol, coba 3 menu rendah kolesterol dibawah ini!

Updated: Aug 28, 2020


Apa itu Kolesterol Tinggi?

Kolesterol merupakan senyawa organik mirip lemak yang dapat ditemukan dalam darah. Kolesterol sendiri dibutuhkan untuk pembuatan vitamin D, hormon dan membran sel. Biasanya tubuh memproduksi kolesterol yang dibutuhkan lewat hati (liver).

Namun, berlebihnya kadar kolesterol dapat menyebabkan penumpukan lemak di pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit seperti stroke dan jantung koroner

Pada tahun 2018, diperkirakan 35% atau 95 Juta penduduk Indonesia memiliki kadar kolesterol yang tinggi (sumber: Republik.co.id).

Terutama pada penduduk yang tinggal di daerah perkotaan atau para orang tua berusia sekitar 50-an memiliki persentase yang lebih tinggi dalam memiliki tingkat kolesterol yang tinggi. Oleh sebab itu,pola makan yang tidak sehat seperti makan gorengan, makanan cepat saji dan makanan-makanan manis yang mengandung kolesterol tinggi perlu dihindari.

Tapi,tidak perlu takut, karena kamu masih bisa menikmati berbagai makanan lezat dan juga sehat karena kandungan kolesterol yang rendah.

Yuk simak menu sehat dibawah ini!


1.Oatmeal/Havermut


Sumber dari: freepik.com


Oatmeal atau Havermut merupakan bubur manis yang terbuat dari campuran susu dan oats (gandum) yang cocok dijadikan menu sarapan atau dessert. Selain memiliki kandungan kolesterol yang rendah, oats juga memiliki tingkat fiber dan mineral yang baik untuk pencernaan.

Untuk membuat oatmeal cukup campurkan 200ml susu cair, 60gr oats, 2 pisang yang sudah dihaluskan, madu dan vanilla ekstrak sesuai selera ke dalam panci dan aduk merata sampai mendidih.

Supaya lebih lezat, kamu bisa tambahkan topping kesukaan kamu seperti stroberi, kacang almond, pisang atau bluberi sesuai selera. Yum!


2.Avocado Toast


Sumber dari: freepik.com


Terkenal lewat media sosial, Avocado Toast merupakan salah satu menu diet sehat rendah kolesterol yang perlu kamu coba.

Selain dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, alpukat juga penuh dengan vitamin C, K dan B-6 yang baik untuk perbaikan jaringan tubuh, imun dan pembuluh darah.

Untuk membuat Avocado Toast cukup oleskan alpukat yang sudah dihaluskan dengan garam dan lada ke atas roti panggang. Kamu juga bisa tambahkan telur sebagai tambahan protein dalam Avocado Toast kamu!


3.Smoked Salmon

Sumber dari: freepik.com


Untuk kamu yang mencari alternatif daging sehat, maka kamu harus coba masukan ikan kedalam menu diet kamu.

Selain memiliki kandungan omega-3 yang baik untuk perkembangan saraf dan sel otak, ikan juga memiliki kandungan HDL (Kolesterol baik) yang dapat membantu mencegah pembentukan plak dalam pembuluh darah.

Untuk resep ini kamu perlu mencampurkan garam,gula, merica dan gula merah dan mengoleskannya ke setiap sisi salmon. Kemudian bungkus salmon menggunakan tinfoil selama 12 jam di dalam kulkas. Apabila bumbu dirasa sudah meresap bersihkan salmn menggunakan air dingin dan keringkan. Panggang salmon menggunakan olive oil sampai matang. Ditemani kentang tumbuk atau salad, smoked salmon bisa jadi pilihan makan siang kamu.

Selain mencoba resep-resep di atas, kamu juga bisa coba minum Lokol Tea untuk bantu turunkan kadar kolesterol kamu. Mengandung daun asam, daun jati belanda dan daun tempuyung yang dapat mengurangi terjadinya pengendapan lemak pada pembuluh darah dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.


Selamat Mencoba!


Sources:




7 views0 comments

Comentarios


bottom of page