top of page
Search
  • Writer's pictureAdmin MustikaRatu

Jaga kesehatan kamu selama pandemik dengan tips-tips berikut!



Selain menjalankan protokol kesehatan Covid-19 dari pemerintah seperti menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan masker di tempat publik, menjaga kesehatan dan meningkatkan imun tubuh juga tidak kalah penting dalam menghindari diri dari infeksi virus dan penyakit.


Tubuh manusia dilengkapi dengan 2 tipe sistem imun, yaitu innate (bawaan) dan adaptive (adaptive). Sistem imun innate meliputi pengahalang alami sepert kulit, lendir dan rambut yang membantu tubuh melawan benda asing yang berbahaya untuk tubuh (penyakit). Jenis lainnya adalah sistem imun adaptive, yang berkembang ketiak tubuh bersentuhan dengan virus/penyakit. Biasanya, kekebalan jenis ini dapat dibentuk lewat vaksin.

Namun, dikarenakan tidak adanya vaksin untuk COVID, kita hanya dapat mengandalkan sitem imun innate (bawaan)

Berikut hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kamu selama pademik covid!


1. Menjaga pola makan yang sehat

Media source: Freepik.com

Untuk menjaga kesehatan, tubuh membutuhkan asupan nutrisi dan energi yang cukup dari makanan sehat.Misalnya vitamin C yang dapat ditemukan dalam jeruk, tomat dan paprika membantu untuk memperbaiki jaringan tubuh dan berkerja sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari zat radikal bebas.Atau vitamin D

Selain itu, pola makan yang tidak sehat juga dapat mempengaruhi sistem imun manusia,

dan membuatnya lebih rentan terkena penyakit dan sembuh dari penyakit. Penyakit seperti diabetes, stroke dan jantung koroner yang biasanya disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat dapat menghasilkan pre-existing conditions yang akan meninggikan resiko penderita.


2. Olahraga rutin

Media source: Freepik.com

Selama masa pandemi ini, banyak dari kita yang terbatas dalam melakukan aktivitas fisik dan mengalami kesulitan dalam melakukan olahraga fisik secara teratur. Tetapi berolahraga pada waktu ini sangat penting, terutama untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

World Health Organization (WHO) menganjurkan untuk melaksanakan aktifitas fisik secara teratur. Untuk orang dewasa (18 tahun keatas), direkomendasikan untuk melakukan olahraga dengan intesitas sedang selama 150 menit atau 75 menit dengan intesitas tinggi sepanjang minggu. Olahraga secara rutin dapat meningkatkan respon imun, menurunkan resiko terkena penyakit dan mengurangi inflamasi.

Kamu bisa coba olahraga aerobik seperti jalan kaki, lari atau bersepeda secara rutin dan secara perlahan meningkatkan intensitasnya untuk mencapai hasil yang terbaik.


3. Istirahat yang cukup

Media source: Freepik.com

Dari anxiety, insomnia, atau sekedar mudah teralikah oleh pekerjaan, banyak dari kita yang mengalami kesulitan tidur selama pandemik ini. Meski terlihat tidak signifikan, jumlah wkatu istirahat memiliki pengaruh terhadap kesehatan dan sistem imun tubuh.

Tubuh kita memproduksi cytokinesis, senyawa protein yang dapat membantu melawan infeksi dan inflamasi. Kurangnya tidur dapat mempengaruhi innate immune system (sistem imun tubuh bawaaan) yang akhirnya dapat melemahkan sistem imun tubuh dan lebih rentan terhadap virus dan penyakit.

Orang dewasa direkomendasikan untuk tidur selama 8 jam.


4. Mengelola stress

Media source: Freepik.com

Pada masa sulit seperti ini, stress hampir tidak dapat dihindari. Walaupun begitu, stress yang berlebihan atau berkepanjangan dapat memiliki efek negatif terhadap imun tubuh.

Hal ini disebabkan karena hormon stress dapat menekan keefektifan sistem imun tubuh dalam melawan penyakit dan virus, dan akhirnya membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi. Selain itu, stress berlebihan juga dapat memicu naiknya detak jantung, tekanan darah dan gangguan pada sistem pencernaan yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti jantung koroner, hipertensi dan lain lain.

Tetap menjaga koneksi dengan orang-orang terdekat kamu, berhenti sejenak dari berita yang negatif dan menjaga tubuh tetap aktif dapat membantu kamu untuk mengatasi stress dengan cara yang sehat.


Untuk bantu kamu memelihara daya tahan tubuh selama pandemi ini, Mustika Ratu hadir dengan Herbamuno. Terbuat dari jahe empirit, sambiloto, akar manis, meniran dan daun jambu mete yang berfungsi sebagai antivirus dan anti nyeri serta dapat mengatasi mual, penurun demam, dan meredakan batuk, sesak napas dan diare.

Source:



30 views0 comments
bottom of page