top of page
Search
  • Writer's pictureAdmin MustikaRatu

Tips Diet Sehat saat dan setelah Idul Adha yang wajib kamu ketahui!

Updated: Aug 6, 2020

Waktu idul Adha merupakan waktu yang ditunggu-tunggu banyak masyarakat Indonesia. Selain menjadi waktu silaturahmi dengan keluarga dan sanak-saudara, Idul Adha terkenal dengan tradisi makan-makannya; mulai dari Ayam Balado, Gulai kambing, sate kambing dan banyak makanan-makanan tradisional lainnya. Tentunya menjaga pola makan sehat tetap harus menjadi prioritas. Yuk simak tips diet sehat berikut ini!




1. Takar Porsi Makan

Dalam menjaga diet sehat selama Idul Adha, menentukan porsi makan menjadi salah satu faktor penting yang perlu kita perhatikan.

“It’s not about what you eat but how much you eat.”

Semua makanan mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, dan selama kita dapat menyesuakian jumlah makanan yang kita konsumsi dengan kebutuhan tubuh, maka kita dapat menjaga diet sehat selama Idul Adha.


Salah satu cara mudah untuk mengontrol porsi makanan kamu adalah menggunakan piring atau mangkok sebagai acuan porsi makan:

  • ½ bagian piring untuk Sayur-sayuran

Bagian terbesar dari porsi makanan kamu sebaiknya adalah sayur-sayuran. Selain mengandng banyak vitamin yang baik untuk tubuh, tapi juga rendah lemak dan kalori.

  • ¼ bagian piring untuk Makanan berprotein tinggi

Telur, daging, ikan dan udang merupakan beberapa contoh dari makanan berprotein tinggi.

  • ¼ bagian piring untuk Makanan karbohidrat

Beberapa diantaranya; Nasi, kentang, roti dan kacang-kacangan

  • ½ sendok makan untuk Makanan tinggi lemak

Diantaranya, keju, minyak dan mentega


2. Minum air putih sebelum makan


Selain penting untuk menjaga dehidrasi tubuh, meminum air putih juga dapat membantu mengurangi rasa lapar. Untuk diet, direkomendasikan untuk meminum air putih 30 menit sebelum makan. Hal ini dapat membantu mengisi perut dan megurangi rasa lapar, sehingga mampu mengurangi jumlah makan yang dikonsumsi. Secara general direkomendasikan untuk minum 6-8 gelas air per hari.


3. Kurangi Konsumsi Gula Tambahan (6 Sendok makan maks.per hari)


Gula tambahan yang dapat ditemukan di soda, permen dan makanan manis lainnnya perlu dikurangi dan diganti dengan gula alami yang terkandung dalam buah-buahan atau madu.Mengonsumsi gula berlebih dapat meningkatkan asam lemak dalam tubuh. Hal ini dapat meningkatkan resiko serangan jantung.


4. Tambahkan serat dan lemak sehat kedalam Diet


Diet tidak selalu harus mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi, tetapi juga memilih jenis makan yang baik untuk kesehatan. Salah satu diantarnya adalah dengan menambahkan jenis makanan yang tinggi serat dan lemak sehat. Seperti jagung, alpukat, kacang-kacangan, brokoli, tomat dan beras merah. Makanan dengan serat yang tinggi dan memiliki lemak sehat dapat membuat tubuh kenyang lebih lama, membantu untuk memperlancar pencernaan, mengurangi kadar kolestrol, dan mengontrol kadar gula dalam darah.


5. Olahraga ringan


Tentunya, pola makan yang sehat perlu diikuti dengan olahraga ringan seperti olahraga aerobik selama 20 menit 3 kali seminggu.Selain mengurangi tekanan darah dan kolestrol, olahraga juga dapat mengurangi potensi serangan jantung.


Selama Idul Adha, kamu mengkonsumsi banyak lemak jenuh dari Daging Kambing dan sapi. Lemak jenuh ini dapat meningkatkan kolestrol darah, apalagi bila dimasak dengan santan.

Mengkonsumsi terlalu banyak lemak jenuh dapat menyebabkan jantung koroner, storke dan diabetes tipe 2.

Tapi tidak perlu khawatir, karena Mustika Ratu Lokoltea dan Slimming Tea akan membantu kamu menjaga kesehatan dan kelangsingan tubuh.


Mustika Ratu Lokol Tea membantu mengurangi lemak darah (kolestrol) yang dapat menyebabkan penyakit Arterosklerosis, yang menjadi salah satu faktor penyebab penyakit jantung koroner. Cukup masukan kantung LokolTea kedalam air mendidih dan minum 3 kali sehari.

Mustika Ratu Slimming Tea 100% terbuat dari bahan alami yang terbukti praklinis dapat melarutkan lemak dalam 28 hari. Cukup masukan 1 kantung SlimmingTea kedalam cangkir yagn berisi air mendidih. Minum 2-3 kali sehari setelah makan, atau minum 1 kali sehari untuk menjaga tubuh ideal.

Kini kamu bisa makan lezat tanpa harus mengorbankan kesehatan tubuh.

Selamat Idul Adha!


Sources:

23 views0 comments

Comments


bottom of page